Senin, 30 November 2009

Membuat Manga Yuk!


Langkah 1
Untuk membuat manga dibutuhkan usaha dan rencana, karena membuat manga bukan menulis seperti biasanya akan tetapi gambarlah yang bercerita kepada pembaca sehingga ceritanya lebih mudah dipahami. Sebelum memulai menggambar perlu dipersiapkan beberapa perlengkapan diantaranya adalah:
  • Kertas
  • Penggaris
  • Pensil dengan berbagai macam variasi ( 2B, HB)
Metode pewarnaan (Menggunakan Adobephotoshop, menggunakan pensil warna atau tanpa warna)
Yang paling penting adalah gunakan imajinasi kamu untuk merencanakan objek yang akan kamu gambar.

Langkah 2
Pada tahap ini coba kamu pikirkan alur cerita yang akan kamu buat, bayangkan alur cerita seperti sedang menonton film. Jangan membayangkan kata-kata yang akan ditulis, karena hal tersebut dapat membatasi kreasi kamu pada saat dituangkan dalam bentuk gambar.
Benar bukan! Akan lebih mudah membuat cerita manga dengan membayangkannya dalam bentuk film, sehingga cerita lebih terasa mengalir. Sebagai contoh, saya akan membayangkan sebuah cerita manga dan membuat dalam bentuk tulisan: seperti dibawah ini:
Venus: "Venus Power!"
    Her hand up in the air, with her fingernails glowing in orange
    Venus get in a position
    Venus pauses, staring at her gloved hand.
Venus: "Hey Mercury! Why would our fingernails be colored when they're covered by the gloves?"
Mercury: "Good question. It may have to do something with our powers." (pondering)
Venus: "Let's give it a try." (removing her glove)
    Venus jabs her finger, her fingernails glowing.
Venus: "Venus Crescent Beam!"
Venus: "Did you see that?! My fingernails glowed before I fired the beam!"
??????: "OW!" (Venus and Mercury jump)
    Jupiter comes up to glare at Venus, her butt smoking.
    Venus grin apologetically.
 Mercury: "Oh of course. Our colored fingernails act as a focus for our powers. Just be sure to watch where you aim."
Dengan membaca tulisan diatas, kamu dapat dengan mudah memahami alur cerita dari manga tersebut., untuk memberikan alur cerita yang lebih menarik, coba bayangkan tentang keadaan linkungan sekitarnya untuk memberikan kesan tertentu pada pembaca.
Ide cerita dalam pikiran kita kadang-kadang sulit untuk muncul, oleh karena itu cobalah untuk istirahat dan rileks untuk mengembalikan stamina kita. Kemudian coba lagi untuk menulis cerita manga tersebut sehingga cerita demi cerita tetap mengalir.

 Langkah 3
Setelah alur cerita selesai dibuat, tahap selanjutnya adalah mengubah script diatas dalam bentuk cerita komik atau manga. Ubahlah alur cerita menjadi beberapa bagian yang nantinya digambarkan dalm beberapa panel. Jika kita baca komik maka dalam lembaran halamannya terdapat kotak kotak panel yan memisahkan gambar satu dengan yang lainnya. Lihat panel panel dibawah:
Panel 1:
    Venus: "Venus Power!"
    Her hand up in the air, with her fingernails glowing in orange
Panel 2:
    Venus get in a position
Panel 3:
    Venus pauses, staring at her gloved hand.
Panel 4:
Venus: "Hey Mercury! Why would our fingernails be colored when they're covered by the gloves?"
Panel 5:
Mercury: "Good question. It may have to do something with our powers." (pondering)
Venus: "Let's give it a try." (removing her glove)
Panel 6:
    Venus jabs her finger, her fingernails glowing.
Panel 7:
Venus: "Venus Crescent Beam!"
Panel 8:
Venus: "Did you see that?! My fingernails glowed before I fired the beam!"
Panel 9:
??????: "OW!" (Venus and Mercury jump)
Panel 10:
    Jupiter comes up to glare at Venus, her butt smoking.
    Venus grin apologetically.
 Mercury: "Oh of course. Our colored fingernails act as a focus for our powers. Just be sure to watch where you aim."

Susunlah panel panel tersebut dengan teratur sehingga cerita mudah dipahami oleh pembaca.

Langkah 4

Format halaman manga


Gambar diatas merupakan format dasar halaman untuk memulai membuat komik. halamn diatas dibagi menjadi 9 bagian untuk digambar menjadi beberapa bagian sesuai dengan jumlah panel yang telah dibuat.


 Langkah 5
Sketsa Gambar


Pada tahap ini, gambarlah panel 1 dan panel terakhir untuk menentukan batasan cerita, agar panel yang tersedia pada sebuah halaman sesuai dengan alur cerita yang telah dibuat pada tahap 3.

Langkah 6
Sketsa Gambar


Gambarlah sketsa secara keseluruhan pada setiap panel yang tersedia. Sebenarnya dibutuhkan 10 panel untuk menyelesaikan alur cerita pada halaman ini. Solusinya adalah dengan membagi panel 1 menjadi dua bagian. Jangan lupa menyediakan ruang pada setiap panel untuk menambahkan ucapan dari karakter.

Langkah 7
Sketsa Gambar


Tahap selanjutnya adalah dengan memberikan penekanan pada pensil agar gambar lebih jelas dilihat. Gambarlah setiap karakter dengan menonjolkan ciri-ciri khususnya.

Langkah 8
Sketsa Akhir


Untuk menyelesaikan sketsa ini, gambarlah dengan menggunakan spidol hitam. Jika ingin melakukan dengan pewarnaan komputer maka buat gambar di kertas yang baru dengan menjiplak gambar sketsa yang telah dibuat denga disinari cahaya lampu yang terang.


Menggambar - Lipatan pakaian
Saat menggambar pakaian perlu diperhatikan bentuk pakaian , jenis pakaian dan faktor yang ngga kalah penting adalah lipatan-lipatan baju yang terbentuk dari pergerakan tubuh pemakai. Sehingga gambar akan seperti terlihat lebih realistis.

Gambar Kerah Pakaian
Perbandingan kedua gambar disamping dapat
langsung dilihat dari cara menggambar pinggiran
kerah,sehingga terlihat gambar pertama
memberikan kesan bahwa bahan pakaian
yang digambar lebih tipis dibandingkan gambar
kedua. Garis pinggir yang digambar pada gambar
kedua memberikan kesan pakaian yang digambar
lebih tebal dan kaku.



Gambar Jatuhan Kain
Dari gambar di samping dapat dilihat bahwa gaya
gravitasi menyebabkan arah lipatan pakaian terurai
ke bawah. Disamping itu bentuk lipatan juga
mengikuti pergerakan lengan.



Bentuk -bentuk Lipatan Pakaian

Macam - macam bentuk lipatan pakaian/ kain.
yang dipengaruhi gaya gravitasi, pergerakan
tubuh dan jenis pakaian

Menggambar Huruf Manga

Dalam pelajaran kali ini kita akan membicarakan mengenai Kakimoji , atau huruf-huruf yang biasa terlihat di manga-manga sebagai efek suara.
Biasanya kakimoji digambar dengan tangan bebas. Walau kakimoji yang ada memiliki bentuk dan ukuran yang berbeda, tetapi kakimoji biasa digambar dengan Drawing Pen berukuran 0,2 hingga 0,8 Zebra Mckee dan Fude-pen.
Nampaknya kebanyakan orang di Indonesia biasa menggambar kakimoji dengan menggunakan komputer, namun kakimoji yang digambar dengan menggunakan komputer memiliki kelemahan pada bentuk, irama dan kesan.



Kakimoji yang ada di gambar ini disebut Shironuki-moji , di mana pada bagian dalamnya dibiarkan kosong dan yang ditonjolkan hanyalah garis luarnya saja. Biasanya bentuk seperti ini digambarkan untuk menyuarakan barang yang jatuh dengan kecepatan yang sangat tinggi.
Huruf digambarkan tidak pada tengah bidang gambar supaya tidak mengganggu gambar yang ada, selain itu huruf yang digambar mengikuti efek cepat yang ada pada gambar ini. Jika digambar mengikuti suasana yang ada, maka huruf yang digambarkan juga akan menimbulkan efek cepat.



Kakimoji seperti ini juga disebut Shironuki-moji. Kakimoji yang digambar di atas sambil menimpa gambar yang ada ini, menggambarkan suara dari senjata yang sedang dipegang. Kakimoji di sini menyuarakan suara dari suasana pertarungan yang sedang terjadi. Karena suasana yang sama, dialami oleh 2 orang yang sedang bertarung sama, maka bentuk kakimoji yang digambarkan pun sama. Tapi warna atau bentuk huruf yang diberikan untuk kakimoji ini berbeda-beda, hal ini untuk memberitahukan suara dari siapa kakimoji itu menerangkan.


Kesan dari gambar ini menunjukkan semua orang memiliki perasaan yang sama pada saat itu, mungkin perasaan kaget , terpana atau tegang. Hal tersebut diekspresikan dengan gambar huruf yang sengaja digambar besar sebagai latar belakang sekumpulan orang.



Ada juga jenis kakimoji yang digambar hanya dengan menggunakan screen tone. Walau hanya dengan menggunakan tone saja, tapi suasana dan suara dari situasi yang ada dapat terasa bukan? Di atas tone yang sudah tertempel, gambarkan sedikit efek-efek untuk memperkental nuansa yang ada.
Di Jepang, kakimoji sama pentingnya dengan gambar. Karenanya bagi kalian yang ingin memberikan kesan suara pada manga kalian, belajarlah untuk menggambarkan berbagai bentuk huruf. Okay sampai disini dulu bahasan kali ini, semoga bermanfaat bagi kamu semua.

"Selamat mencoba"

Ada dua sumber :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4-IPUpoeciyMVeMCumM_sZew54uCTzxfV8LKgMdxudqQTh9FCB8zkEji2pnDk0VgYY7G5RLghw9xcM8sI3klWmRPxCCkvhWSmdauKoZ3CCghMSQ5PAeEi5jmtNGdi8xJiCqWWBGO94als/s320/My+symbol.jpg
Sejarah kelam klan Uchiha. Sumber : kakashi / sejarah kelam klan Uchiha #1

Dahulu, sebelum kemerdekaan Konoha, ada seorang laki2 bukan asli konoha yang dapat berubah bentuk yaitu Sojobo. Sojobo merupakan Raja Tengu yang mempunyai kipas besar. Suatu hari, seorang wanita dari Klan Hyuuga jatuh cinta pada Sojobo. Semua anggota klan melarangnya untuk menikahi Sojobo, namun wanita itu tetap menikahi Sojobo. Maka wanita itu bukan di masukkan ke dalam daftar klan hyuuga lagi.

Akhirnya Sojobo di karuniai anak yang sangat kuat, Madara. Sojobo bingung memilih nama klan untuknya, Sojobo tidak mempunyai klan sedangkan ibu Madara bukan klan hyuuga lagi. Maka Madara di beri nama Madara no Uchiha. Uchiha adalah kata yang diperhalus dari kata Uchiwa(kipas), hal ini di karenakan Sojobo memiliki kipas yang sangat kuat.

Waktu berlalu, Madara tumbuh menjadi remaja yang kuat. Akhirnya Sojobo memberitahukan tujuannya hanyalah menguasai tubuh Madara. Mendengar, itu Madara pergi meninggalkan ayahnya dan bertemu dengan Kyuubi no Yoko. Madara menyepakati kerja sama dengan kyuubi, Madara sangat cepat mempelajari jurus Katon & sharingan. Walau begitu Madara masih takut berhadapan langsung dengan ayahnya itu.

Akhirnya Madara memberi segel untuk Sojobo. Untuk bisa melepaskan Sojobo, di perlukan 3 anggota klan uchiha & masing2nya mempunyai Mangekyo Sharingan. Segel itu sudah cukup untuk Madara.


Takdir telah menentukansumber :Tendou / Sejarah kelam Klan Uchiha #2
Dahulu, ada seseorang pembangkit dunia ninja yaitu Rikudou Sennin. Rikudou Sennin mengajarkan pada semua orang untuk menciptakan kedamaian di dunia. Rikudou Sennin mempunyai 2 orang putra. 2 orang putra itu menurunkan 2 klan terhebat. Yang tua menurunkan Uchiha sedangkan yang muda menurunkan Senju
Atarashi Uzumaki


Atarashi Uzumaki adalah karakter dalam naruto yang masih misteri.

Kisah
Saat penyerangan Kyuubi ke Konoha, saat itu anggota dari klan Uzumaki berkusa di Konoha. Minato namikaze menahan serangan kyuubi dengan cara menyegelnya ke tubuh anak bungsu(kemungkinan tunggal) yaitu Uzumaki Naruto. Naruto Uzumaki mempunyai kakak yang bernama Atarashi. Atarashi melarikan diri dari desa konoha sebelum penyerangan terjadi. Anak ini lebihkuat dari ayahnya

Hubungan dengan Akatsuki
Atarashi mempunyai hubungan dengan Akatsuki. Setelah melarikan diri, Atarashi masuk dalam organisasi ninja kelas s Akatsuki. Sepertinya dia salah satu ninja kelas s terkuat di Akatsuki. Karena Atarashi mempunyai hubungan dengan akatsuki, tujuan naruto menjadi inang kyuubi adalah mengahancurkan Atarashi dengan bantuan cakra kyuubi.

Kekuatan
Dikatakan kekuatan Atarashi melebihi Minato, maka Akatsuki menerimanya karena melebihi salah satu ninja terkuat. Karena Naruto sebagai adiknya, Minato percaya naruto bisa mengalahkan kakaknya, namun dengan bantuan kyuubi. Sepertinya Atarashi termasuk pengendali udara seperti jalur kekkei genkai dari klan Uzumaki.

Inang selanjutnya

Atarashi adalah inang Kyuubi selanjutnya. Kisahnya di mulai dari pembantaian Akatsuki. Setelah tuntas Organisasi Ninja Kelas-S Akatsuki, Atarashi muncul secara tiba2 untuk melawan Naruto. Atarashi mengambil Kyuubi dari tubuh Naruto, namun Naruto tidak mati, seperti halnya Gaara saat Shukaku di ambil dari tubuk Gaara